Kamis, 17 Mei 2018

Automatic Tank Gauge (ATG)

http://click.accesstrade.co.id/adv.php?rk=0004cf0009gw

Automatic Tank Gauge adalah system komputerisasi mengenai volume cairan dalam tanki timbun, tempat penyimpanan minyak yang akan dijual oleh SPBU.

Prinsip kerjanya yaitu dengan menggunakan system pelampung yang aka n mendeteksi ketinggian cairan minyak, dari ketinggian ini akan dikonversi ke dalam bentuk volume liter.

Hal yang menarik adalah bagaimana agar konversi volume sesuai dengan sebenarnya.
Prosedur biasanya sebelum ATG system difungsikan harus lebih dahulu diinput tabel tanki yang sudah ada yaitu hasil terra tanki oleh pihak metrologi. Keakuratan volume minyak sesuai dengan hasil terra.

Namun bisa juga melakukan terra sendiri tanpa pihak metrologi, namun hasilnya tidak mempunyai legalitas hukum. Namun karena kegunaanya hanya untuk kepentingan internal maka tidak masalah, karena tidak merugikan konsumen.

Kendala yang ditemukan adalah dikarenakan untuk ketelitian yang tinggi maka diperlukan bejana volume kecil, semakin kecil volumenya semakin akurat.
Cuma hal ini akan sulit karena kapasitas tanki timbun besar sekitar 30.000 liter. Akan dibutuhkan waktu yang lama, dan penjualan pasti tidak bisa dilakukan selama proses terra.

Belum lagi faktor sifat minyak yang tidak sama dengan air, minyak berat jenis berbeda dengan air dan mudah menguap dan perubahan temperatur pun mempengaruhi volumenya setiap saat.

Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa volume minyak dengan ATG system adalah tidak pasti tetapi adalah pendekatan jika faktor temperatur pas sama dengan temperatur saat terra serta tidak terjadi pe guapan yang signifikan maka secara teori volumenya tentu sesuai.

Demikian penulis kira berdasarkan pengalaman yang hingga saat ini dilakukan di suatu SPBU Padang Panjang.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda